Keluargaberencana's Weblog

Misi India Bertolak ke Orbit Bulan | Oktober 22, 2008

India meluncurkan misi pertamanya ke Bulan dengan mengirim wahana angkasa luar Chandrayaan 1. Wahana tak berawak Chandrayaan 1 diluncurkan dari landasan di bagian selatan Andhra Pradesh untuk mengawali misi penjelajahan dua tahun.

Wahana robot itu akan mengelilingi orbit Bulan, dan menghimpun atlat tiga dimensi permukaan bulan, dan memetakan distribusi unsur dan mineral. Peluncuran ini dipandang sebagai langkah penting bagi India sementara negara itu berusaha menandingi bangsa-bangsa penjelajah angkasa lain di Asia, termasuk Cina.

Perdana Menteri India Manmohan Singh menyebut peluncuran itu “langkah pertama” dalam tonggak sejarah program angkasa negaranya.

“Komunitas ilmiah kita sekali lagi telah memberikan kebangaan kepada negara dan seluruh bangsa menyatakan rasa hormat,” kata Singh dalam pesannya.

Peluncuran wahana ini disambut dengan tepuk tangan ilmuwan yang berkumpul di landasan peluncuran.

Kepala Organisasi Riset Angkasa Luar India (ISRO), Madhavan Nair, mengatakan, peristiwa ini “saat bersejarah” bagi negara.

Wartawan BBC Sanjoy Majumder di Delhi melaporkan, peristiwa ini ditayangkan langsung di televisi nasional.

Peluncur buatan India yang membawa satelit seberat 1,5 ton itu diluncurkan dari Pusat Angkasa Luar Satish Dhawan Space Centre di Sriharikota, sebuah pulau di lepas pantai Andhra Pradesh, sekitar pukul 0620 waktu setempat (0750 WIB).

Tujuan misi
Salah satu tujuan misi ini adalah menemukan es-air permukaan atau di bawah permukaan Bulan, khususnya di bagian kutub. Tujuan lain adalah mendeteksi Helium 3, isotop yang langka di Bumi, tapi dicari-cari untuk menjadi sumber tenaga fusi nuklir, dan mungkin menjadi sumber energi di masa depan.

Mendapat tenaga dari panel sel surya tunggal yang menghasilkan sekitar 700 Watt, wahana riset ISRO ini membawa lima instrumen buatan India dan enam buatan asing.

Misi ini diperkirakan menelan biaya 3,8 miliar rupee ($78 juta). Chandrayaan (yang bermakna ‘pesawat bulan’ dalam bahasa Sanskrit) juga akan meneliti perbedaan antara sisi dekat dan sisi jauh Bulan.

Sisi jauh memiliki lebih banyak kawah, dan memiliki komposisi berbeda dengan yang menghadap ke Bumi.

Dan tidak hanya India yang mencermati misi ini secara seksama. Di dalam satelit ini ada juga peralatan ilmiah dari beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris serta Jerman, lapor wartawan BBC.


Ditulis dalam Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: