Keluargaberencana's Weblog

Melamin Bisa Akibatkan Gagal Ginjal | Oktober 21, 2008

DUNIA dihentak berita mengenai pencemaran melamin pada sejumlah merek susu buatan China. Banyak ibu merasa takut karena bisa jadi susu tercemar tersebut juga dikonsumsi anaknya.

Melamin merupakan zat kimia yang biasa digunakan untuk membuat plastik, lem, dan pembersih. Sejauh ini sudah 6.244 bayi di China yang sakit setelah meminum susu formula terkontaminasi melamin.

Hasil penyelidikan menunjukkan, ribuan bayi tersebut mengalami batu ginjal setelah mengonsumsi susu formula terkontaminasi melamin. 158 bayi di antaranya mengalami gagal ginjal akut. Empat bayi meninggal.

Jika susu yang tercemar melamin dikonsumsi, maka akan menimbulkan gangguan metabolisme pada bayi dan anak-anak. Organ tubuh yang paling cepat mengalami gangguan adalah ginjal, yang berfungsi membuang racun-racun. Jika konsentrasi racun -dalam hal ini melamin- terlalu tinggi, akan mengganggu fungsi ginjal. Akibatnya, ginjal pada bayi dan anak-anak gagal berfungsi dan sulit diobati.

Penggunaan melamin pada susu bisa menimbulkan serangan akut pada saluran pencernaan, di antaranya muntah dan mencret. Efek pertama yang timbul adalah gangguan pencernaan. Kemudian, fungsi-fungsi organ tubuh lain juga akan mengalami gangguan, bahkan kerusakan, mulai dari fungsi otak, hati, ginjal, mata, dan telinga. Bahkan bisa menyebabkan kematian.

Sistem kekebalan
Kajian ilmiah mengenai bahaya melamin bagi manusia masih terbatas. Namun, dalam uji coba hewan, zat kimia itu terkait batu ginjal dan kerusakan sistem reproduksi.

Para ilmuwan mengingatkan, tindakan mengangkat batu ginjal pada bayi tidak berarti masalah selesai. Setelah batu ginjal diangkat, masih ada batu-batu kecil yang menyebabkan kerusakan seluruh fungsi terkait ginjal. Melamin juga merusak sistem kekebalan tubuh bayi dan anak-anak yang mengonsumsinya.

Melamin bisa menyebabkan masalah pernapasan pada hewan coba. Jika terpapar dalam jangka panjang, seseorang bisa mengalami gangguan kesehatan serius. Ini juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Siapa pun yang terpapar zat kimia itu akan mudah terserang flu dan infeksi karena virus dan bakteri.

Setiap hari, manusia terpapar polusi udara, zat kimia beracun dan tubuh manusia secara konstan menghancurkannya. Jika sistem kekebalan tubuh berkompromi, toksin itu akan sulit dihancurkan lagi.

Q&A tentang melamin

Apa sih melamin itu?

Melamin adalah bahan kimia organik yang jamaknya berbentuk kristal putih dalam nitrogen.

Biasanya dipakai untuk apa?

Banyak dipakai pada plastik, lem, peralatan makan-minum, dan papan tulis putih.

Kok melamin ditambahkan ke dalam susu (cair) dan susu formula bayi (bubuk)?

Di Cina, tempat penyimpangan ini terjadi, air ditambahkan ke dalam susu cair agar volumenya meningkat. Akibat pengenceran ini, kandungan protein susu ini jadi rendah. Perusahaan-perusahaan yang memakai susu sebagai bahan dasar produksinya (semisal susu bayi bubuk) biasanya memeriksa kadar proteinnya dengan tes yang mengukur kandungan nitrogennya. Nah, penambahan melamin bisa meningkatkan kandungan nitrogen susu (karena hanya melihat kandungan nitrogennya, diasumsikan jika nitrogennya naik, maka proteinnya juga naik. Padahal itu hanya ‘tampilan’ luarnya saja.)

Penambahan melamin ke dalam makanan tidak diizinkan oleh FAO/WHO Codex Alimentarius (Komisi Standar Makanan) atau di Indonesia oleh BPOM.

Apakah produk-produk makanan lain juga mengandung melamin?

Pada 2007, melamin ditemukan dalam gluten gandum dan konsentrat protein beras yang diekspor dari China, dan dipakai dalam pembuatan makanan hewan peliharaan di Amerika Serikat. Ini menyebabkan banyak anjing dan kucing mati karena gagal ginjal.

Dalam peristiwa mutakhir ini, kontaminasi melamin ditemukan pada sejumlah merek susu formula bayi, satu merek yogurt beku, dan satu merek minuman kopi kalengan. Semua produk ini sangat mungkin dibuat dengan memakai susu yang tercemar melamin.

Apa dampak kesehatan pada manusia yang mengonsumsi melamin?

Meski tak ada penelitian langsung pada manusia, namun penelitian pada binatang bisa dipakai untuk memrediksi efeknya pada kesehatan manusia.

Melamin saja bisa mengakibatkan batu ginjal pada binatang. Bila dicampur dengan asam cyanuric, yang juga terdapat dalam bubuk melamin, melamin bisa membentuk kristal-kristal yang akhirnya menjadi batu ginjal.

Kristal-kristal kecil ini juga menghalangi saluran kecil di ginjal yang bisa menghentikan produksi air seni, akhirnya menimbulkan gagal ginjal. Dan pada beberapa kasus menyebabkan kematian.

Melamin juga memperlihatkan efek karsinogen (menimbulkan kanker) pada hewan dalam kondisi tertentu. Tetapi belum ada bukti cukup risiko kanker pada manusia.

Apa gejala dan tanda-tanda keracunan melamin?

Rasa sakit ketika berkemih, ada darah dalam air seni, sedikit atau tidak ada air seni, tanda-tanda infeksi ginjal, dan tekanan darah tinggi.

Bagaimana perawatan untuk batu ginjal dan gagal ginjal?

Pasien bisa menerima berbagai jenis perawatan, bergantung pada berat tidaknya efek pada ginjal. Terapi ini termasuk pemberian cairan dan alkalinisasi air seni, perbaikan elektrolit dan gangguan berbasis asam, hemodialisis (cuci darah) atau dialisis peritoneal, atau operasi untuk menyingkirkan batu ginjal.


Ditulis dalam KESEHATAN

1 Komentar »

  1. Artikel anda di

    http://orang-tua-anak.infogue.com/melamin_bisa_akibatkan_gagal_ginjal

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    Komentar oleh infoGue — Oktober 24, 2008 @ 8:42 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: