Keluargaberencana's Weblog

Perbedaan Usia Saat Menikah Pengaruhi Kesuburan | September 17, 2008

Anda ingin segera memiliki momongan setelah menikah. Jika begitu sebaiknya pilihlah pasangan berbeda usia. Laki-laki disarankan berpasangan dengan perempuan yang berusia enam tahun lebih muda. Sedangkan perempuan disarankan memilih laki-laki berusia empat tahun lebih tua. Mengapa demikian?

Martin Fieder, seorang antropolog dari Universitas Vienna, Swedia mendapatkan hasil tersebut melalui penelitian yang dilakukan dengan pendekatan evolusi; menemukan fakta tentang kecenderungan manusia memilih pasangan berbeda usia.

Hasil sementara yang didapatkan Martin adalah; masyarakat yakin bahwa lelaki memilih perempuan yang lebih muda untuk meningkatkan kemampuan reproduksi, sedangkan perempuan memilih laki-laki yang lebih tua demi alasan keamanan.

“Hasil penelitian tersebut mendorong kami melakukan penelitian lanjutan, demi menggali kemungkinan lain yang mungkin ada dan berhubungan dengan pemahaman kesuburan para responden,” ujar Martin, sebagaimana dirilis oleh Royal Society’s Biology Letter.

Martin beserta timnya kemudian dilaporkan berhasil mengumpulkan data dari pencatatan sipil pemerintah Swedia untuk mengetahui jumlah anak dan usia orangtuanya, selama kurun waktu 55 tahun terakhir. Ternyata, pasangan yang berbeda usia cenderung memiliki anak lebih banyak.

Meski begitu para peneliti menyakinkan bahwa masih diperlukan kajian yang lebih mendalam dan tidak hanya bersifat analisa statistik. “Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan penelitian lanjutan secara medis agar hasil yang kami dapat bisa lebih akurat.”


Ditulis dalam GAYA HIDUP

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: