Keluargaberencana's Weblog

Hasil Uji Coba Sebutkan 69 Merek Susu Bayi Beracun | September 17, 2008

Pejabat China terkait menemukan 22 perusahaan memasarkan susu yang sudah terkontaminasi bahan kimia beracun. Pemeriksaan ini dilakukan menyusul ribuan bayi yang sakit karena mengonsumsi susu mengandung melamine.

Awalnya perusahaan susu grup Sanlu mengakui, bahwa susu yang diproduksinya mengandung bahan melamine yang efeknya dapat merusak bagian ginjal bayi. Pihak Sanlu sudah melakukan penarikan produk yang terindikasi mengandung bahan beracun tersebut.

Namun media CCTV China melaporkan, menemukan produk lain yang mengandung melamine. “Untuk meminimalisir dampak kesehatan, departemen terkait sebaiknya menarik dan memusnahkan produk susu yang mengandung melamine,” demikian bunyi laporan CCTV.

Kantor berita Xinhua seperti dikutip AFP, Rabu (17/9) melaporkan, menurut uji coba produk yang dilakukan State Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine menyebutkan sebanyak 69 jenis susu yang diproduksi oleh 22 perusahaan, positif mengandung melamine.

Artinya, susu yang dipasarkan di luar China juga terkontaminasi. Jaringan supermarket di Hong Kong, Kamis minggu lalu juga menarik produk Yugurt produksi Mongolia karena alasan yang sama.

Ini merupakan skandal terparah di industri makanan China. Dalam kasus Sanlu, pihak kepolisian telah menangkap empat tersangka. Dua di antaranya mengakui petugas yang memasukkan melamine ke dalam susu.

Melamine biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat plastik dan gelas dapat menyebabkan kelainan pada ginjal bayi. Pihak kementerian kesehatan China melaporkan, hingga saat ini, sudah dua bayi yang meninggal karena menginsumsi susu melamine. Masing-masing di bulan Mei dan Juli 2008.


Ditulis dalam BERITA

2 Komentar »

  1. Kenapa tidak dijelaskan tunjuan 4 orang yang memasukan melamine ke Susu ke 22 perusahaan

    Komentar oleh Donald — September 18, 2008 @ 8:09 am

  2. BAGAIMANA BP POM INDONESIA, APAKAH MASIH BENGANG BENGONG KAYAK KUCING MAU DIGUYUR, BERTINDAK DONG LAKUKAN UJI MELAMINE DI SELURUH SUSU DI INDONESIA SIAPA TAHU ADA YANG MASUK KE INDONESIA LEWATI NEGARA KETIGA (LUE PINTAR DIKIT TAPA ???) JANGAN KAYAK PROFESOR LINGLUNG TAPI BEGO
    GITU LHO

    Komentar oleh batusonar — September 19, 2008 @ 5:15 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: