Keluargaberencana's Weblog

Wakil Walikota Medan Dituntut 5 Tahun Penjara | September 15, 2008

Wakil Walikota Medan Ramli Lubis dituntut lima tahun Penjara dan denda sebesar Rp 500 juta, subsider delapan bulan kurungan oleh Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Jalan HR Rasuna Said Jakarta.

Ramli sebelumnya didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek pengadaan mobil pemadam kebakaran senilai Rp54,2 miliar dan penyelewengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pemerintah kota Medan.

“Membayar ganti rugi kepada negara sebesar Rp18,1 miliar dalam kurun waktu satu bulan. Apabila tidak dibayarkan, akan digantikan dengan pidana tiga tahun penjara,” ujar JPU Afni Carolina di pengadilan Tipikor, Senin (15/9/2008).

Perbuatan Ramli, lanjutnya, dapat dijerat pasal 2 ayat 1 juncto pasal 18 UU NO 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 KUHP. Hal-hal yang memberatkan, lanjut dia, terdakwa tidak mendukung pemerintah dalam memberantas korupsi.

“Dan hal – hal yang meringankan, terdakwa bersikap sopan, menyesali perbuatannya, telah mengembalikan uang sebesar Rp89 juta dan telah menyerahkan 4 buah sertifikat tanah dan bangunan kepada penyidik KPK ketika menjalani pemeriksaan,” paparnya.

Sebelumnya, Ramli bersama dengan Wali Kota Medan Abdillah dinilai mengetahui pembelian mobil Damkar tidak dilalui dengan proses lelang dan hal itu bertentangan dengan pasal 3 huruf b, c, dan d Kepres NO 80 Tahun 2003 tentang pengadaan barang dan jasa.

Kedua petinggi di kota Medan itu pun menganggarkan proyek ini dalam perubahan APBD Kota Medan tahun 2005. Dalam dakwaan JPU sebelumnya, Pengadaan barang yang dilakukan keduanya hanya menyusun dan menetapkan harga perkiraan sendiri atau HPS secara formalis, tanpa berpedoman pada pasal 13 Kepres NO 80 Tahun 2003.

Sementara pada pengadaan mobil Damkar, keduanya menunjuk langsung PT. Satal Nusantara sebagai penyuplai barang.

Sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Sutiono dan Koordinator JPU Muhibbudin akan dilanjutkan 22 september 2008 dengan agenda penyampaian pledoi atas tuntutan JPU oleh Tim kuasa hukum Ramli Lubis. (sumber: okezone.com)


Ditulis dalam BERITA

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: