Keluargaberencana's Weblog

Susu Formula Buatan China Tercemar Melamin | September 15, 2008

Waspadalah anda terhadap produk-produk makanan dan minuman impor asal China yang banyak beredar di pasar dalam negeri. Sabtu (13/9), Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat memperingatkan masyarakat untuk tidak membeli susu formula buatan perusahaan Sanlu, China.

Susu formula yang dipasarkan sejak setahun lalu itu terbukti terkontaminasi racun berbahaya yang biasa digunakan untuk bahan plastik melamin. Pemerintah China sendiri pada 6 Agustus lalu juga telah mengadakan penyelidikan dan hasilnya positif.

Namun, produsen Sanlu tidak memberitahukan kepada publik. Mereka justru membiarkan susu itu beredar agar mendapat keuntungan. Laman Caijing menyebutkan manajer Sanlu, Su Changsheng, beralasan pihaknya tidak mengumumkan kepada publik karena banyak agen dan toko yang menolak mengembalikan produk susu berbahaya itu.

Akibat ulah tersebut, di Provinsi Gansu, China, telah ditemukan 59 bayi yang berumur satu tahun dirawat di rumah sakit setelah mengonsumsi susu buatan Sanlu. Satu bayi dilaporkan tewas.

Hasil penelitian yang dilakukan pakar urologi Lu Yuan menyebutkan adanya kandungan melamin dalam urine dan batu ginjal bayi. ”Bayi menjadi sakit karena keracunan. Awal adanya keracunan melamin ditandai dengan demam tinggi,” jelas Lu Yuan.

Saat ini bertambah 14 bayi yang sakit akibat keracunan susu formula dan harus dirawat di Lanzhou, klinik milik Lu Yuan.

Untuk mengantisipasi produk-produk makanan dan minuman impor yang kini beredar luas dan mudah dijumpai di pasar Indonesia itu, Ketua Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI) Marius Widjajarta mengingatkan agar Badan POM melakukan uji laboratorium.

“Masyarakat kita juga wajib mendapat perlindungan dari kemungkinan mengonsumsi produk impor yang membahayakan kesehatan,” katanya. Ia mengungkapkan dalam proses registrasi produk selama ini, peran Badan POM tidak lebih dari sekadar tukang catat. Badan POM percaya saja dengan laporan kandungan produk yang diberikan oleh produsen.


Ditulis dalam BERITA

3 Komentar »

  1. Sekarang kok makanan banyak yang mengerikan ya? Tidak peduli dari import atau dalam negeri. Makanan pada dicampur : pewarna kain, formalin, kadaluarsa dlsb. tidak penah memikirkan nasib si konsumen yang lama2 menderita bermacam penyakit. Ngeri aing.

    Komentar oleh Isye — September 17, 2008 @ 9:58 am

  2. hadoh hadooohhh….
    Itu badan POM kmana aja selama ini kok ,makin banyak aja makanan dan minuman yang terkontaminasi bahan beracun. Yang agak jeli & gigih dikitlah untuk menguji produk2 dari produsen. Kita orang awam mengandalkan bantuan anda2 untuk turut menyeleksi produk2 yang kami pakai sehari-hari ini. Apalagi ini susu untuk bayi,kasian kan bayi2 yang mengonsumsi susu untuk makanan/minuman tambahan ato karena ibunya terpaksa ga bisa kasih ASIšŸ˜¦

    Komentar oleh Evi — September 20, 2008 @ 1:15 am

  3. Dengan adanya berita susu & produk susu (dari cina) yang menghebohkan masyarakat, seharusnya BADAN POM dapat bertindak cepat & tegas untuk langsung memeriksa adanya cemaran melamin dari semua jenis susu & produk susu (baik yang berasal dari luar negeri ataupun dari luar negeariterutama cina)dan hasilnya langsung dipublikasikan kepada seluruh masyarakat. Karena hal ini sangat penting bagi keselamatan generasi muda bangsa kita terutama kaum ibu-ibu yang sangat khawatir dengan keselamatan anak-anaknya.

    Komentar oleh Yanti — September 24, 2008 @ 2:15 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: