Keluargaberencana's Weblog

Selamat Menjadi Orangtua Baru | September 14, 2008

Menjadi orangtua berarti masuk ke dalam sebuah kenyataan yang penuh dengan berbagai pengalaman yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Anak yang menangis, kesibukan dan rutinitas baru, perubahan bentuk fisik dan berbagai perubahan lainnya.

Si kecil menangis terus. Menangis adalah cara bayi untuk berkomunikasi dengan anda. Tangisannya tak selalu berarti ia haus atau lapar, bisa juga karena bayi anda kedinginan, ingin dipeluk, atau mengantuk. Dengan berjalannya waktu anda akan bisa mengenali makna tangisan si kecil. Yang penting, bila si kecil menangis, cepatlah beraksi, tunjukkan perhatian dan kasih sayang kepadanya.

Berkurangnya waktu bersama suami. Sebelum kehadiran bayi, anda dan suami seakan tak terpisahkan, selalu mesra layaknya pengantin baru. Namun setelah melahirkan, waktu anda habis untuk merawat si kecil. Jangankan untuk bermesraan, ngobrol berdua saja sudah jarang. Cobalah untuk menyempatkan diri berduaan dengan suami untuk mendekatkan kembali hubungan anda berdua, misalnya menonton DVD bersama, menemani suami makan, dan sebagainya. anda bisa memakai momen saat si kecil tidur pulas.

Perubahan bentuk tubuh. Perubahan fisik pada orangtua baru tidak hanya dialami oleh ibu tapi juga sang ayah. Setelah hamil dan melahirkan tentu saja bentuk tubuh anda akan berubah, tapi tenang saja, seiring dengan waktu Anda bisa kembali ke bentuk tubuh semula. Bagaimana dengan ayah? Biasanya para ayah tampak lebih gemuk dari sebelumnya. Hal ini karena para ayah melewatkan waktu berolahraga untuk membantu istri mereka merawat bayi.

Punya banyak teman. Tak seperti sebelumnya, kini banyak orang yang tersenyum pada anda dan memulai pembicaraan. Atasan dan teman-teman di kantor juga lebih perhatian.

Tak kenal waktu. Kesibukan merawat anak memang membuat hari-hari terasa lebih panjang, apalagi dalam satu tahun pertama kehidupan bayi. Banyak ibu bekerja yang membayangkan asyiknya mendapat cuti bulan pasca melahirkan karena bisa bersantai di rumah atau merawat diri ke salon. Nyatanya ibu baru akan disibukkan oleh berbagai perawatan anak. Hari-hari terasa cepat berlalu. (sumber: perempuan.com)


Ditulis dalam BERITA

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: